Trump: Saya Tidak Akan Izinkan CIA Gunakan Informan untuk Mata-Matai Korut : Okezone News

0
1

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) secara publik menyatakan penolakannya terhadap penggunaan informan badan intelijen AS, CIA, untuk memata-matai Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Trump mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak akan terjadi di bawah pemerintahannya.

Pernyataan yang disampaikan Trump di Gedung Putih itu muncul sehari setelah Wall Street journal (WSJ) melaporkan bahwa Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong-un yang dibunuh di Malaysia pada 2017, adalah seorang informan CIA.

“Saya melihat informasi tentang CIA, sehubungan dengan saudaranya (Kim Jong-un), atau saudara tirinya. Dan saya akan memberitahunya bahwa itu tidak akan terjadi di bawah pengawasanku, itu sudah pasti. Saya tidak akan membiarkan itu terjadi di bawah pengawasanku,” kata Trump sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (12/6/2019).

BACA JUGA: WSJ: Saudara Tiri Kim Jong-un yang Dibunuh adalah Informan CIA

Pernyataan itu dilihat sebagai upaya terbaru dari Trump untuk menjaga hubungan baiknya dengan Kim Jong-un dan menjaga agar upaya denuklirisasi Korea Utara tetap terbuka.

Komentar Trump itu juga mendapat reaksi dari berbagai pihak terutama kalangan intelijen yang merasa dibatasi dalam upayanya menjaga keamanan AS.

“Presiden harus memahami bahwa untuk menjaga keamanan negara, CIA perlu dapat melakukan tugasnya mengumpulkan dan menganalisis intelijen yang akan mendukung berbagai kebijakan dan inisiatif diplomatik, militer, dan ekonomi,” kata Jung H. Pak, mantan pejabat senior intelijen AS yang berspesialisasi di Asia Timur kepada Reuters.

Washington berusaha membangun kembali momentum dalam perundingan denuklirisasi yang macet dengan Pyongyang. Trump dan Kim terakhir bertemu awal tahun ini di Hanoi tetapi gagal mencapai kesepakatan denuklirisasi.

Pada Selasa, Trump mengatakan bahwa dia menerima surat yang “indah” dari Kim Jong-un dan memprediksi akan adanya hal positif dari perundingan dengan Korea Utara dalam beberapa waktu mendatang .

“Saya pikir sesuatu akan terjadi yang akan menjadi sangat positif,” kata Trump tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

(dka)



Sumber Resmi