Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Multivitamin Saat Puasa?

0
1

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id – Bulan Ramadan merupakan salah satu momen penting yang dinantikan umat Muslim. Hanya saja, tantangan terhadap daya tahan tubuh bisa terjadi saat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Pola makan yang berubah dan asupan nutrisi yang terbatas menjadi beberapa faktor penyebab daya tahan tubuh menurun. Lantas perlukah konsumsi multivitamin selama puasa?

Baca juga: Jangan Asal Makan Kalau Buka Puasa Pakai Menu All You Can Eat

“Tantangan paling berat selama bulan puasa, yaitu menjaga daya tahan tubuh, karena pola makan berubah, tergoda dengan jenis-jenis makanan yang tidak menyehatkan,” ujar Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, Medical Advisor of PT Bayer Indonesia.

Tanpa diimbangi asupan bergizi, daya tahan tubuh dapat menurun dan risiko sakit pun meningkat. Karena konsumsi makan yang berantakan, Suci menyarankan untuk konsumsi suplemen atau multivitamin.

Baca juga: 5 Tips Badan Anti Lesu Saat Puasa

“Kalau sakit, puasa tidak bisa full. Menjaga daya tahan tubuh bisa dengan vitamin yang mengandung vitamin c dan zink,” ujar Suci.

Menurutnya, guna mengantisipasi gangguan kecukupan asupan gizi selama berpuasa, selain protein, karbohidrat kompleks dan buah, tubuh juga membutuhkan tambahan asupan bernutrisi termasuk vitamin dan mineral.

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, konsumsi multivitamin bisa dilakukan saat sahur. Selain itu, Suci mengungkapkan, puasa bukan alasan untuk tidak beraktivitas. So, kamu disarankan untuk berkegiatan atau berolahraga seperti biasa, agar tubuh tetap aktif.




Sumber Resmi